SMOKE FREE

Rabu, 15 Juni 2016

RAMADHAN RIDE : THE BEGINNING

Kajian Ba'da Dhuhur di Masjid tvOne
Alhamdulillah,

Allah masih memberikan saya kesempatan untuk kembali bersua dengan Ramadhan, bulan yang selalu dinanti-nanti kaum muslimin. Setelah melalui hari pertama di bulan Ramadhan tahun ini bersama keluarga, memasuki hari kedua saya mulai menjalaninya di ibukota. 
Dan Ramadhan tahun ini saya punya satu niat, yaitu ziarah ke berbagai Masjid di Jakarta dengan menggunakan sepeda. Ya, sepeda. Sekali dayung dua tiga pulau terlampaui. Lagian, Ramadhan bukan berarti kita harus bermalas-malasan kan? Ibadah makin giat, olahraga juga bisa terus dilakoni. Dan ziarah dengan dengan menggunakan sepeda adalah bentuk kompromi terhadap kebutuhan rohani dan jasmani saya.

Pilihan pertama jatuh pada Masjid Agung Sunda Kelapa. 
 
Sumber: http://simas.kemenag.go.id/index.php/profil/masjid/23/#prettyPhoto

Mengapa Masjid Agung Sunda Kelapa?

Bagi saya, Masjid yang satu ini punya magnet khusus karena walau letaknya di wilayah Jakarta Pusat, berada di tengah-tengah kawasan elit bahkan bertetangga dengan rumah kediaman pribadi Jusuf Kalla, tapi entah kenapa saya belum pernah sama sekali menginjakkan kaki ke Masjid Agung Sunda Kelapa. Saya hanya pernah 1 kali mengantarkan mertua saya menghadiri undangan penikahan di sini, tapi itu pun hanya sampai parkiran di luar Gerbang Utama Masjid.

Padahal, menilik sejarah yang tercantum di sini, Masjid Agung Sunda Kelapa sudah sejak lama menjadi tujuan rutin para pemburu kajian. Tak hanya dari warga yang berdomisili di Jakarta, tapi juga dari daerah, dan bahkan luar negeri. 
Awal mula berdirinya masjid ini merupakan cita-cita warga muslim Menteng yang tinggal di sekitar Taman Sunda Kelapa sejak tahun 1951. ketika itu Bapak H. B. R. Motik dan tetangganya, Bapak Subhan ZE (Alm.) mencoba mengungkapkan keinginannya untuk mendirikan masjid di wilayah itu kepada  Walikota. Namun, keinginan itu ditolak mentah-mentah oleh Walikota dengan mengatakan, “Wat! Een Moskee in Taman Sunda Kelapa? Neen, dat ontsiert de stad.” Sehingga terpaksa keinginan itu dipendam untuk beberapa tahun lamanya. 
Upaya mendirikan masjid dilanjutkan pada tahun 1966. Ketika itu Bapak H. B. R. Motik dan Bapak H. Machmud merapatkan barisan, dengan membentuk panitia pembangunan masjid. Akhirnya, pada bulan Agustus tahun 1966 dibentuklah panitia yang terdiri dari beberapa orang, yaitu: H. B. R. Motik (Ketua), H. M. L. Latjuba (Wakil Ketua), Hasjim Mahdan, SH (Sekretaris I), H. Tachyar Bc. Hk. (Sekretaris II), H. Machmud (Bendahara I), H. Darwis Tamin (Bendahara II), H. A. H. Djunaedi (Pembantu Umum).
Usaha mendirikan masjid saat itu nampaknya mendapat “lampu hijau” dari Pejabat tinggi DKI, yakni dari Gubernur DKI Jakarta, yang waktu itu dijabat oleh H. Ali Sadikin dan Pangdam V Jaya H. Amir Machmud.     Atas dorongan dan persetujuan kedua petinggi DKI Jakarta dan tokoh nasional lainnya, seperti Jenderal Abdul Haris Nasution, selanjutnya menjadikan panitia pembangunan masjid lebih mantap lagi dalam memperjuangkan dibangunnya sebuah masjid, terlebih setelah dibentuknya Yayasan Islam Sunda Kelapa (YISK) pada tanggal 7 Oktober 1966 dengan Akte Notaris Bapak Affandi SH. Berdasarkan Anggaran Dasar Yayasan pasal 5 ayat 5, pasal 9 ayat 1 dan 2, serta pasal 10, akhirnya untuk pertama kalinya, Pengurus YISK dibentuk. Di mana, yang menjadi ketua kehormatan adalah Mayjen TNI Amir Machmud, dan ketua dijabat oleh H. Basjaruddin Rahman Motik.
Proses pembangunan masjid dimulai dengan menentukan lokasi. Pada awalnya, YISK meminta gedung Bappenas diserahkan kepada Yayasan. Namun berdasarkan surat dari Kabinet Ampera tanggal 4 September 1970, permohonan itu ditolak, karena gedung Bappenas masih dipakai pemerintah. Sebagai gantinya, Gubernur memberikan alternatif kepada YISK, yaitu di Lapangan Persija  atau di Taman Sunda Kelapa. Akhirnya, Yayasan memilih Taman Sunda Kelapa sebagai lokasi masjid.
Peletakan batu pertama pembangunan Masjid Agung Sunda Kelapa dilaksanakan pada Hari Raya ‘Idul Fitri 1398 H, bertepatan dengan tanggal  21 Desember 1969 M. Sedangkan pekerjaan pembangunan masjid dipercayakan kepada Ir. Gustaf Abbas, dosen Fakultas Teknik Universitas Indonesia. Pekerjaan pembangunan masjid tidak berlangsung mulus, karena YISK mengalami kekurangan dana. Akibatnya, berdasarkan  keputusan Gubernur, YISK untuk sementara menghentikan kegiatannya, kemudian menyerahkan pendirian masjid kepada Pemerintah DKI Jakarta. Akhirnya, pembangunan berjalan dengan baik dan berakhir pada bulan Maret 1971.
*Kutipan dari: http://www.masjidagungsundakelapa.or.id/index.php/profile/sejarah
So, here we go, me and Si Kukut. 2 Ramadhan 1437, 7 Juni 2016.

Usai menuntaskan kewajiban Shalat Dhuhur dan menghadiri kajian rutin ba'da Dhuhur selama Ramadhan di Masjid tvOne. kami pun memulai perjalanan di Ramadhan tahun ini, dalam panas menyengat yang begitu menggoda. Menggoda untuk lelap dalam ruang ber-AC. :)


Malas betul beranjak dari parkiran sepeda
Saya tak gila. Sungguh. 

Itu sebabnya di panas terik yang begitu menyengat, saya memutuskan tak langsung mengarahkan sepeda saya ke Masjid Agung Sunda Kelapa dan berdiam di sana hingga ba'da tarawih. Lebih baik saya istirahat dulu sejenak di kost, dan memilih mulai melaju ba'da Ashar. 



Nebeng parkir di pojokan Pintu Barat Masjid Agung Sunda Kelapa
Salah satu yang harus saya perhatikan betul ketika bersepeda ke berbagai tempat keramaian, tentu saja perkara parkir sepeda. Bagaimana faktor keamanan dan kenyamanannya. Bahkan ketika bersepeda dalam rangka ibadah sekali pun, kita tetap tak boleh konyol. Apalagi Si Keong tak dilengkapi rantai/gembok untuk mengunci sepeda. Masjid sih Masjid. Hari gini maling gak kenal tempat. Lha sandal jepit yang harnganya ribuan perak aja bisa ilang, cing ! Apalagi sepeda.

Dan setibanya di Masjid Agung Sunda Kelapa, itu pula yang pertama kali saya cari tahu. Datang melalui Gerbang Utama, tukang parkir yang berada di situ justru menganjurkan saya untuk menuju Pintu Barat. Pintu yang merupakan jalan masuk parkir untuk mobil dan motor. Sementara Gerbang Utama, memang hanya diperuntukkan bagi pejalan kaki.

Alhamdulillah, ketika saya mengutarakan kepada tukang parkir di Gerbang Barat perihal ketiadaan gembok, mereka bersedia dititipi Si Keong dekat pos parkir tempat mereka bertugas. Tempatnya memang sempit. Tapi justru karena sempit itu lah, posisinya menjadi sedikit lebih aman. Karena siapapun yang ingin mengeluarkan Si Keong dari parkirannya, mau tidak mau harus melewati dan pasti terlihat oleh mereka yang bertugas di pos parkir.

Kelar urusan parkir sepeda, saya langsung ganti "pakaian tempur" dan ambil wudhu, lalu langsung masuk ke ruang utama ibadah yang ada di lantai 2.  

Suasana tadarusan jelang waktu berbuka di Masjid Agung Sunda Kelapa
Di Masjid Agung Sunda Kelapa, saya merasa jama'ah begitu dimanjakan, dalam artian positif tentunya. Bagi sahabat yang ingin ber'tikaf di Masjid ini terutama di bulan Ramadhan, berikut beberapa catatan saya:
  1. Tempat wudhu berlimpah. Jangan khawatir bila melihat antrian panjang. Masih banyak tempat wudhu lain yang tersebar di berbagai pojok kompleks Masjid.
  2. Perempuan lebih baik beri'tikaf atau shalat di Aula Utama lantai bawah. Disediakan ruangan tertutup, jadi lebih aman dan nyaman. Beberapa orang yang awalnya memillih beribadah di Serambi Jayakarta (teras bagian timur depan Ruang Ibadah Utama) pun, akhirnya memilih turun ke ruangan di bawah.
  3. Tersedia big screen yang menampilkan setiap bacaan ataupun ucapan yang terdengar dari speaker Masjid. Jika kita mau, kita bisa tadarus bersama jamaa'ah lainnya dengan panduan ini. Bahkan ketika tiba waktu azan, semua ditampilkan lengkap di layar, termasuk jawaban yang selayaknya diucapkan jama'ah ketika mendengar azan.
  4. Ruang Ibadah Utama dilengkapi dengan pendingin ruangan yang sangat layak. Selama beri'tikaf di sini sejak sebelum waktu berbuka hingga selesai shalat tarawih, Alhamdulillah saya bahkan nyaris tak berkeringat.
  5. Makanan dan minuman untuk berbuka mulai dibagikan sekitar pukul 17.15, langsung oleh pengurus Masjid kepada jama'ah. Termasuk kepada jama'ah yang tengar berada di Ruang Ibadah Utama. Jadi jangan berebutan, atau celingak-celinguk mencari antrian.
  6. Selepas azan Maghrib, disediakan cukup waktu bagi mereka yang ingin terlebih dulu menyantap makanan, dengan syarat harus keluar terlebih dulu dari Ruang Ibadah Utama. Kalau saran saya sih lebih baik menunda menyantap makanan berat. Lebih baik membatalkan shaum dengan hidangan ringan seperti dengan air putih dan kurma (yang juga disediakan bagi jama'ah), lalu menunggu waktunya shalat Maghrib. Soal makan hidangan berat, lebih baik ditunda hingga selesai shalat Maghrib berjama'ah. Ada banyak tempat yang bisa dipilih untuk anda bersantap. Mulai di teras Masjid, hingga di pojok-pojok halaman Masjid yang memang begitu asri.
  7. Tersedia banyak tempat penitipan barang dan tempat sampah di Masjid ini. Jadi tidak ada alasan untuk membiarkan sampah berserakan. 
  8. Di Masjid Agung Sunda Kelapa shalat tarawih dilakukan dalam 20 raka'at plus shalat witir 3 raka'at, terbagi dalam 3 sesi dan 3 Imam. Imam selalu memandu jama'ah dalam bahasa Indonesia, termasuk 2 Imam dari Madinah yang juga fasih berbahasa Indonesia.
Itu beberapa catatan kecil yang berhasil saya ingat selama melakukan i'tikaf di Masjid Agung Sunda Kelapa 2 Ramadhan lalu. Semoga Allah masih terus memberi saya umur dan kekuatan tekad, untuk terus #GowesToMosque, berziarah ke berbagai Masjid selama Ramadhan ini. Kegiatan yang bakal lebih baik bila terus dilakukan hingga selepas Ramadhan.

Menikmati secangkir kopi di luar pagar Masjid Agung Sunda Kelapa, selepas tarawih.
Alhamdulillah usai sudah episode pembuka Ramadhan Ride #GowesToMosque. Menurut catatan Strava, 14,9 km ditorehkan Si Keong untuk episode kali ini.

Sampai bersua di catatan Ramadhan Ride #GowesToMosque berikutnya.





Bayu Adhiwarsono©

Tidak ada komentar:

Posting Komentar